fbpx

Waspada!! Efek Malware Terhadap SEO Website Anda

Malware adalah sebuah software yang dibuat untuk tujuan jahat seperti merusak, ataupun mendapatkan akses ke perangkat Anda. Walaupun biasanya malware dihubungkan dengan komputer, malware juga bisa digunakan untuk menyerang dan merusak situs web.

Apa saja efek malware untuk sebuah website?

Malware yang menyerang sebuah website dapat memberikan efek antara lain:

1. Mengalihkan pengunjung ke situs web lain.

Jika pengunjung situs Anda tiba-tiba diarahkan ke sebuah situs lain yang tampak mencurigakan, ada kemungkinan hal tersebut diakibatkan dari malware yang ada di dalam situs web Anda.

2. Memberikan akses ke pihak yang tidak bertanggung jawab.

Backdoor adalah jenis malware yang digunakan oleh hacker sebagai pintu masuk ke dalam situs Anda. Dengan begitu, para hacker dapat mengambil data pelanggan yang sensitif, mengubah tampilan situs, dan banyak lagi. Backdoor sendiri cukup sulit untuk dideteksi dan sangat populer di kalangan para hacker

3. Meletakkan konten spam di dalam situs Anda.

Pernahkah Anda melihat tiba-tiba ada URL asing yang ada di dalam situs Anda dan juga muncul komentar-komentar yang mencurigakan dan adanya penurunan trafik? Bisa jadi saat ini situs web Anda terkena spam SEO(search engine optimization).
Spam SEO ini adalah salah satu teknik spam yang memanfaatkan teknik SEO, yaitu backlink dan kata kunci pencarian yang relevan. Dengan memasukkan banyak file yang mengandung backlink berbahaya dan juga kata kunci yang tidak relevan dengan situs web Anda, para hacker dapat membuat peringkat situs Anda menurun yang berimbas ke jumlah visitor Anda juga.

4. Membuat website Anda dianggap sebagai situs berbahaya.

Search engine seperti Google akan mereview situs yang mengandung malware dan mungkin akan menghapus situs yang terinfeksi dari daftar pencarian, atau yang biasa dikenal dengan blacklisting. Search engine juga dapat menempatkan peringatan pada situs yang terdaftar dalam blacklist. Hal ini bertujuan untuk mencegah para pengguna agar tidak mengakses situs yang terinfeksi malware dan mengandung konten jahat.
Ini dapat menyebabkan kepercayaan pengunjung Anda menurun yang berimbas juga pada trafik situs web Anda.

Cara mencegah situs web Anda terinfeksi malware.

Kerentanan adalah titik lemah dalam kode situs web yang dapat dieksploitasi untuk menyerang situs web, dan para hacker dapat menemukannya secara otomatis dengan menggunakan bot.

Kerentanan dapat dicegah dengan:

  • Melakukan update dan juga patch. Jika Anda menggunakan CMS seperti WordPress, pastikan Anda melakukan update wordpress ataupun plugin segera setelah ada versi terbaru muncul.
  • Gunakan apa yang Anda butuhkan. Kurangi risiko situs Anda terkena malware dengan hanya menggunakan plugin dan fitur yang benar-benar Anda butuhkan dan hapus plugin apa pun yang tidak Anda gunakan.
  • Gunakan plugin security dan juga aktifkan auto update untuk menjaga website Anda tetap update.

Kesimpulan

Tidak ada situs web yang terlalu kecil untuk menjadi korban infeksi malware karena para hacker sering menggunakan bot jahat untuk secara otomatis mencari situs web dengan kerentanan. Dan infeksi malware pada situs web Anda pastinya akan mempengaruhi reputasi, trafik situs web, dan / atau pendapatan Anda. Aktivitas mencurigakan atau tanda-tanda malware di situs Anda dapat membuat situs Anda tampak tidak dapat dipercaya, merusak reputasi Anda dan mencegah pengunjung kembali.

Leave a Comment