fbpx

Pentingnya Kecepatan Website Anda untuk SEO

Konten yang menarik, link building serta keyword research adalah hal yang utama dalam search engine optimization (SEO), namun ada hal lain yang tidak kalah pentingnya namun sering diabaikan, yaitu kecepatan akses website.
Hasil Riset dari google menunjukkan bahwa hampir 50% user akan meninggalkan website yang memiliki load speed lebih dari 3 detik. Karena mereka berharap website komersial dapat menyediakan produk yang mereka inginkan dalam 2 detik. Hampir 80% orang yang memiliki pengalaman buruk pada website komersial, mereka tidak akan kembali lagi ke website itu. Dan memilih menceritakan pengalaman buruk mereka pada media sosial.

Juga pada tahun 2010, Google menjadikan kecepatan akses website sebagai salah satu faktor penentu dalam hasil pencarian Google. Sebelumnya hal ini hanya berlaku untuk pencarian desktop saja dan pada awal bulan Juli 2018 kemarin kecepatan akses website juga menjadi salah satu faktor pencarian mobile. Inilah sebabnya sebagai pemilik website Anda wajib untuk memperhatikan kecepatan website Anda

Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi kecepatan website.

1. Hosting / Server.

Hosting / server akan mempengaruhi respon website Anda, semakin cepat hosting / server Anda maka semakin cepat respon dan kecepatan website Anda tersebut. Jadi pastikan Anda menggunakan hosting terbaik atau server Anda telah teroptimasi dengan maksimal.

2. Ukuran dan konten website.

Semakin besar ukuran website maka semakin besar pula data yang harus ditransfer yang berarti semakin lama juga waktu yang dibutuhkan untuk mengakses website. Anda bisa mencoba untukĀ  melakukan optimasi seperti kompresi gambar dengan memanfaatkan Photoshop ataupun tools online seperti tinyjpg.com. Atau bisa juga dengan melakukan optimasi di sisi CS dan juga JS.

3. Jaringan pengguna

Untuk jaringan pengguna ini di luar kendali Anda dan Anda benar-benar harus mempertimbangkan pengunjung Anda. Jika orang-orang akan mengakses situs di ponsel dan menggunakan data seluler, maka Anda harus berasumsi bahwa mereka menggunakan koneksi 3G, yang berarti website Anda harus super-ringan untuk memastikan waktu akses yang cepat.

Itu tadi adalah beberapa hal yang dapat mempengaruhi kecepatan akses website Anda, untuk analisa Anda bisa memanfaatkan tools online gratis seperti Google PageSpeed Insights, Pingdom dan Google Mobile Test.

Leave a Comment