End-of-Live PHP 5 dan 7.0

PHP 5 dan 7.0 sudah mencapai akhir masa aktifnya. Ini berarti bahwa versi ini tidak akan lagi menerima pembaruan dalam bentuk apa pun, termasuk perbaikan untuk masalah keamanan. Untuk memastikan kompatibilitas dan keamanan yang sedang berlangsung dari situs WordPress Anda, Anda perlu melakukan upgrade versi PHP ke PHP 7.2.

Mengapa harus melakukan upgrade ke PHP 7.2?

Seperti yang telah dijabarkan diatas bahwa PHP 5.6 dan 7.0 telah mencapai akhir masa aktifnya, dan kedua versi PHP tersebut tidak lagi didukung dengan perbaikan keamanan. Itu berarti bahwa bahkan jika ada kerentanan yang ditemukan di kedua versi PHP tersebut maka tidak akan perbaikan dan hal ini pastinya akan membuat situs web Anda menjadi rentan.

PHP 7 memiliki banyak peningkatan dibandingkan versi PHP 5, termasuk peningkatan kinerja dan keamanan. PHP 5 memiliki banyak bug yang diketahui yang berhubungan dengan kinerja, memori dan keamanan.

Berita baiknya adalah Anda mungkin akan melihat peningkatan kinerja yang bagus ketika Anda beralih ke PHP 7. Anda mungkin perlu berurusan dengan beberapa ketidakcocokan. Tetapi setelah Anda menyelesaikannya dan diperbarui ke PHP 7.2, Anda dapat yakin bahwa Anda akan terus menerima pembaruan keamanan hingga 30 November 2020

Akankah Situs Saya akan Bekerja dengan menggunakan PHP 7.2?

Sebagian besar tema dan plugin yang dipelihara secara aktif telah diperbarui untuk mendukung PHP 7.2, tetapi jika tema Anda belum pernah diperbarui, atau jika Anda menggunakan plugin lama yang tidak dipelihara secara aktif – Anda mungkin mengalami masalah kompatibilitas.

Kasus yang sering kami hadapi adalah situs yang menggunakan plugin premium namun lisensinya telah kedaluwarsa, yang berarti pembaruan otomatis tidak berjalan dan pengguna tidak menyadari bahwa ada pembaruan versi yang tersedia. Sangat penting untuk menjaga lisensi plugin premium Anda tetap aktif, sehingga Anda selalu memiliki akses ke versi plugin terbaru. Hal ini akan memastikan Anda memiliki fitur terbaru, perbaikan bug dan keamanan serta kompatibilitas dengan versi PHP terbaru.

Perbarui Tema Anda

Memastikan bahwa Anda menginstal versi terbaru dari tema Anda adalah langkah pertama yang baik. Jika tema Anda mendukung pembaruan otomatis, Anda harus membuat full backup untuk situs Anda, dan kemudian melakukan update. Jika tidak, hubungi pembuat tema Anda dan tanyakan kepada mereka bagaimana cara Anda untuk mendapatkan tema versi terbaru. Dan juga Anda mungkin bisa bertanya kepada mereka apakah versi terbaru dari tema tersebut kompatibel dengan PHP 7.2.

Perbarui Plugin Anda

Sangat penting juga bagi Anda untuk memastikan bahwa plugin Anda juga kompatibel dengan PHP 7.2. Jika Anda menggunakan plugin yang tidak dirawat, Anda mungkin mengalami peringatan atau error karena ketidakcocokan plugin dengan versi PHP. Jika Anda mengalami masalah, hubungi pengembang plugin dan minta mereka untuk melakukan perbaikan segera. Ingatkan juga kepada mereka bahwa masa aktif PHP 5.6 dan 7.0 telah berakhir dan Anda harus memperbarui ke PHP 7.2.

Bagaimana jika Tema atau Plugin Saya Tidak Mendukung PHP 7.2?

PHP 7.1 dirilis 2 tahun lalu. Jika plugin atau tema Anda tidak mendukung PHP 7.1 atau 7.2 pada saat ini, kemungkinan besar tema atau plugin sudah tidak didukung oleh pengembang. Jikatema atau plugin masih didukung, maka pastinya pengembang akan memiliki banyak pengguna yang melaporkan masalah dalam 2 tahun terakhir, yang harus segera mereka atasi.

Menggunakan tema atau plugin yang tidak didukung adalah ide yang buruk karena itu berarti kerentanan keamanan tidak diperbaiki. Jadi, jika Anda menemui ketidakcocokan saat melakukan update ke PHP 7.2, ini mungkin merupakan tanda bahwa Anda harus beralih menggunakan tema atau plugin alternatif yang masih didukung secara aktif.

Bagaimana Saya Mengubah Versi PHP Saya?

Jika Anda ingin melakukan perubahan di situs Anda secara langsung, coba lakukan di saat tidak ada pengguna yang mengunjungi situs Anda, seperti pada malam hari. Namun kami lebih menyarankan Anda mengkloning situs ke domain testing untuk menguji versi PHP yang baru. Hal ini untuk menghindari error yang akan muncul saat website Anda tidak kompatibel dengan versi PHP yang baru.

Setelah yakin bahwa situs test Anda berjalan dengan baik dengan menggunakan PHP 7.2, Anda dapat mengubah versi PHP di situs Anda secara langsung.

Setelah beralih versi PHP, penting untuk menguji situs Anda dan memeriksa apakah berfungsi baik. Pastikan untuk memeriksa laman depan dan juga Admin WordPress. Jika Anda menemui error atau white screen, segera beralih kembali versi PHP yang Anda gunakan sebelumnya dan kemudian periksa log kesalahan Anda. Didalam log nantinya akan ada informasi tentang kesalahan yang terjadi dan menunjukkan kepada Anda file yang menyebabkan kesalahan.

Leave a Comment





Chat Me!