fbpx

4 Alasan Mengapa Website Anda Membutuhkan SSL

Jika Anda memiliki situs web, Anda mungkin pernah mendengar tentang sertifikat SSL, tetapi apakah Anda benar-benar mengetahui apa itu dan mengapa itu penting?

SSL adalah singkatan untuk Secure Socket Layer. Sertifikat SSL sendiri adalah tulang punggung keamanan situs web, dan sangat penting untuk bisnis online apa pun, terutama pada tahun 2018.

Anda dapat mengetahui apakah suatu situs web telah menggunakan SSL dengan melihat URL suatu situs web. Jika URL situs web dimulai dengan “http,”  maka situs web tersebut belum menggunakan SSL. Sedangkan jika dimulai dengan “https,” maka situs tersebut telah menggunakan SSL.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa menggunakan SSL itu penting.

1. Menghentikan Pencurian Informasi

Teknologi SSL ini akan menciptakan koneksi yang aman dengan mengenkripsi data antara server web dan browser. Data yang melewati koneksi ini hanya dapat dibaca oleh server yang dituju, memastikan bahwa data tersebut ditransfer dengan aman. Ini dilakukan dengan menambahkan karakter acak ke informasi yang dikirimkan, yang hanya dapat diakses dengan kunci enkripsi. Informasi ini tidak berguna bagi siapa pun yang tidak memiliki kunci tersebut.

2. Memberikan Rasa Aman kepada Orang-Orang yang Mengunjungi Situs Web Anda

Dengan pencurian identitas yang meningkat, saat ini keamanan informasi menjadi lebih penting daripada sebelumnya. SSL memastikan Anda menjaga keamanan informasi semua orang yang mengunjungi situs web Anda, yang pastinya akan memberikan rasa aman kepada pengunjung website Anda tersebut.

3. Suatu Keharusan untuk Pembayaran Online

Sertifikat SSL adalah persyaratan untuk situs web apa pun yang menerima pembayaran dengan enkripsi minimal 128-bit. Jadi jika Anda memiliki situs e-commerce dan memiliki pilihan pembayaran kartu kredit, maka Anda harus menginstall SSL di situs web Anda tersebut.

4. Merupakan hal yang wajib pada tahun 2018

Untuk memastikan penjelajahan yang lebih aman di 2018, Google menandai situs web apa pun yang tidak memiliki sertifikasi SSL pada akhir 2017. Penting untuk dicatat bahwa perubahan ini akan memengaruhi semua situs web dan bukan hanya situs e-commerce. Jadi, jika Anda seorang pemilik restoran, pengacara, dokter gigi, makelar atau konsultan, jangan terperangkap dalam pemikiran bahwa perubahan ini tidak berlaku untuk Anda.

Sekarang 1 Januari telah berlalu, dan ketika orang mencoba mengakses situs web tanpa sertifikasi SSL, pesan ‘Tidak Aman’ akan muncul. Jika Anda belum memiliki sertifikat SSL di situs web Anda, SEKARANG adalah waktu untuk melakukannya.

Leave a Comment